Rabu, 01 Juni 2011

perkembangan janin sampai aterm


Perkembangan dan Pertumbuhan Janin Masa Aterm
Sebelum lahir ke dunia, anak akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibunya selama kurang lebih sembilan bulan lamanya. Setiap bulan janin mengalami proses perkembangan yang berbeda-beda. Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sang ibu membutuhkan asupan makanan dengan gizi tertentu.
Ketika hamil seorang wanita mengalami peningkatan kebutuhan asupan gizi untuk mencukupi kebutuhan dua orang (sang ibu dan janin bayinya), yaitu antara lain seperti energi, protein, mineral, kalsium, air, omega 3, vitamin, asam folat, zat besi dan lain sebagainya.
Pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim
Dipengaruhi oleh beberapa faktor dan subfaktor antara lain:
  1. Faktor ibu;
  2. Faktor janin;
  3. Faktor plasenta.
Faktor ibu
1.      Keadaan kesehatan ibu saat hamil;
2.      Penyakit yang menyertai kehamilan;
3.      Penyulit kehamilan;
4.      Kelainan pada uterus;
5.      Kehamilan tunggal atau ganda atau triplet;
6.      Kebiasaan ibu, merokok, alkohol, kecanduan.
Faktor janin
1.      Jenis kelamin janin;
2.      Penyimpangan genetik : kelainan kongenital, pertumbuhan abnormal;
3.      Infeksi intrauterine.
Faktor Plasenta
1.      Plasenta adalah akarnya janin untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam rahim. Karena itu plasenta sangat penting artinya untuk menjamin kesehatan janin dalam rahim, yang ditetapkan dengan indeks plasenta.
Proses kehamilan adalah proses dimana bertemunya sel telur dengan sel sperma hingga terjadi pembuahan. Proses kehamilan (gestasi) berlangsung selama 40 minggu atau 280 hari dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Usia kehamilan sendiri adalah 38 minggu, karena dihitung mulai dari tanggal konsepsi (tanggal bersatunya sperma dengan telur), yang terjadi dua minggu setelahnya.
Dalam dunia kedokteran, proses kehamilan dibagi menjadi tiga fase sesuai dengan pertumbuhan fisik bayi. Masing-masing fase tersebut disebut trimester.




Trimester Pertama (Minggu 0 – 12)



Dalam fase ini ada tiga periode penting pertumbuhan mulai dari
periode germinal sampai periode terbentuknya fetus.

A. Periode Germinal (Minggu 0 – 3) 
Proses pembuahan telur oleh sperma yang terjadi pada minggu ke-2 dari hari pertama menstruasi terakhir. Telur yang sudah dibuahi sperma bergerak dari tuba fallopi dan menempel ke dinding uterus (endometrium).
B. Periode Embrio (Minggu 3 – 8 ) 
Proses dimana sistem syaraf pusat, organ-organ utama dan struktur anatomi mulai terbentuk seperti mata, mulut dan lidah mulai terbentuk, sedangkan hati mulai memproduksi sel darah. Janin mulai berubah dari blastosis menjadi embrio berukuran 1,3 cm dengan kepala yang besar.
C. Periode Fetus (Minggu 9 – 12) 
Periode dimana semua organ penting terus bertumbuh dengan cepat dan saling berkaitan dan aktivitas otak sangat tinggi.

Minggu ke 1
·         Minggu ini sebenarnya masih periode menstruasi, bahkan pembuahan pun belum terjadi. Sebab tanggal perkiraan kelahiran si kecil dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir Anda.
·         Perdarahan terjadi dan hormon-hormon di tubuh mempersiapkan sel telur untuk di lepaskan.
·         Proses pembentukan antara sperma dan telur yang memberikan informasi kepada tubuh bahwa telah ada calon bayi dalam rahim. Saat ini janin sudah memiliki segala bekal genetik, sebuah kombinasi unik berupa 46 jenis kromosom manusia. Selama masa ini, yang dibutuhkan hanyalah nutrisi (melalui ibu) dan oksigen.






·         Sel telur ibu berhasil dibuahi oleh sperma ayah
·         5 juta sel sperma sekaligus berenang menuju tujuan akhir mereka yaitu menuju sel telur yang bersembunyi pada saluran sel telur. Walaupun pasukan sel sperma ini sangat banyak, tetapi pada akhirnya hanya 1 sel saja yang bisa menembus indung telur.





·         Terdapat bola yang menempel pada dinding rahim.
·         Sel-sel telur yang berada didalam rahim, berbentuk seperti lingkaran sinar yg mengelilingi matahari Sel ini akan bertemu dengan sel-sel sperma dan memulai proses pembuahan
·         Pada saat ini kepala sel sperma telah hampir masuk. Kita dapat melihat bagian tengah dan belakang sel sperma yang tidak henti-hentinya berusaha secara tekun menerobos dinding indung telur.
·         Bola sel telur berkembang seperti bentuk udang dengan ukuran kecil
·         Jantung dan susunan syaraf pusat terbentuk.






Minggu ke 2
·         Pembuahan terjadi pada akhir minggu kedua.
·         Sel telur yang telah dibuahi membelah dua 30 jam setelah dibuahi.
·         Sambil terus membelah, sel telur bergerak di dalam lubang falopi menuju rahim.
·         Setelah membelah menjadi 32, sel telur disebut morula.
·          Sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira dua kali sehari sehingga pada hari yang ke-12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut pada endometrium
·         Bentuk udang berubah menjadi seperti manusia
·         Wajah bayi mulai terbentuk dengan ukuran kepala yang besar
·          Ekor bayi hilang
·          Jantung mulai berdetak
·          Tali pusat dan plasenta terlihat jelas
·          Muncul bagian tubuh tangan dan kaki
·          Tumbuh otot-otot





Minggu ke 3
·         Merupakan masa ovulasi (pelepasan telur). Kehamilan terjadi pada saat ini. Pembuahan terjadi pada saat sperma dari pasangan anda bertemu dengan sel telur anda di tuba falopi. Pembuahan memerlukan waktu 4 hari, setelah telur dibuahi maka dinamakan zygote
·         Sampai usia kehamilan 3 minggu, Anda mungkin belum sadar jika sedang mengandung. Sel telur yang telah membelah menjadi ratusan akan menempel pada dinding rahim disebut blastosit. Ukurannya sangat kecil, berdiameter 0,1-0,2 mm.
·         Jantung terbentuk sempurna
·         Bagian tubuh kaki dan tangan terbentuk
·         Jari-jemari yang tadinya lengket menyatu jadi terpisah
·        



Organ-organ vital terbentuk di akhir bulan
·         Telinga mulai terlihat
Minggu ke 4
·         Kini, bayi berbentuk embrio. Embrio memproduksi hormon kehamilan (Chorionic Gonadotropin - HCG), sehingga apabila Anda melakukan test kehamilan, hasilnya positif.
·         Janin mulai membentuk struktur manusia. Saat ini telah terjadi pembentukan otak dan tulang belakang serta jantung dan aorta (urat besar yang membawa darah ke jantung).
·         Saat buat si zygote kecil untuk menemukan tempat didalam rahim anda. Dengan berakhirnya minggu ini, anda tidak mendapat menstruasi, dan menjadi tanda pertama kemungkinan kehamilan. Pada beberapa wanita mendapatkan sedikit perdarahan dan disalahartikan sebagai menstruasi, sebenarnya perdarahan yang sedikit itu karena implatasi dari zygote ke dinding rahim anda. 
·         Kuku jari-jemari kaki dan tangan terbentuk
·         Organ dalam tubuh janin terbentuk
·         Tumbuh rambut halus pada seluruh tubuh
·        



Janin berkembang dengan cepat
Minggu ke 5
·         Terbentuk 3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas yang akan membentuk system saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Lapisan Mesoderm berada pada lapisan tengah yang akan membentuk organ jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif. Lapisan Endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk usus, hati, pankreas dan pundi kencing.
·         Ukuran bayi anda sekarang sekitar sebuah biji aple dan pada minggu ini disebut sebagai embrio. Bayi anda sudah mempunyai detak jantung sendiri, plasenta dan tali pusat sudah berkerja sepenuhnya pada minggu ini. Vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk, sistim saraf mulai berkembang. 
·         Tumbuh alis, bulu mata dan rambut
·         Panca indera berkembang
·         Tubuh janin dapat membentuk selaput putih pelapis tubuh dan kulit
·        



Janin tumbuh cepat dengan panjang bisa mencapai 13 cm

Minggu ke 6
·         Embrio terlihat seperti berudu. Pada minggu ini dapat mengenali kepala, ekor, tangan dan anggota badan masih seperti tunas.
·         Pada minggu ini pembentukan awal dari hati, pancreas, paru-paru,kelenjar tiroid dan jantung. 
·         Ukuran embrio rata-rata 2-4 mm yang diukur dari puncak kepala hingga bokong. Tuba saraf sepanjang punggung bayi telah menutup. Meski Anda belum bisa mendengar, jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. Sistem pencernaan dan pernafasan mulai dibentuk, pucuk-pucuk kecil yang akan berkembang menjadi lengan kaki pun mulai tampak.
·         Sistem pencernaan mulai bekerja dengan mengeuarkan air seni
·         Sistem kekebalan tubuh semakin mantap
·          Janin dapat melakukan kontrol gerakan tubuhnya
·        








Ibu dapat merasakan gerakan bayi dalam perut

Minggu ke 7
·         Jantung sudah terbentuk lengkap. Saraf dan otot bekerja bersamaan unutk pertama kalinya. Bayi mempunyai reflek dan bergerak spontan(anda belum dapat merasakannya). Akhir minggu ke ini otak akan terbentuk lengkap. 
·          Akhir minggu ketujuh, panjangnya sekitar 5-13 mm dan beratnya 0,8 gram, kira-kira sebesar biji kacang hijau.
·         Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil.
·         Jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri, begitu pula dengan saluran udara yang terdapat di dalam paru-paru
·         Tubuh janin telah terbentuk
·         Otak mengalami perkembangan pesat.
·         Organ vital selain paru-paru sudah berfungsi dengan baik.
Minggu ke 8
·         Panjang kira-kira 14-20 mm.
·         Banyak perubahan yang terjadi pada bayi
·         Ujung hidung dan kelopak mata mulai berkembang.
·         Bronchi, saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan, mulai bercabang.
·         Lengan semakin membesar dan ia memiliki siku.
·         bayi sudah mulai terbentuk diantaranya pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah. Matanya juga sudah kelihatan berada dibawah membran kulit yang tipis. Anggota tangan serta kaki juga terbentuk walaupun belum sempurna
·         Organ reproduksinya mulai terbentuk begitu juga dengan kartilago dan tulang.
·         Telinga luar sudah terbentuk sempurna, mata membentuk pigmen. Didalam otak, jaringan saraf berhubungan dengan lobi penciuman di otak.
·         Jantung sudah memompa dengan kuat dan irama teratur
Minggu ke 9
·         Telinga bagian luar mulai terbentuk,
·         Kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan mulai tampak.
·         Ia mulai bergerak, walaupun ibu tidak merasakannya.
·         Dengan Doppler bisa mendengar detak jantungnya. Minggu ini, panjangnya sekitar 22-30 mm dan beratnya sekitar 4 gram.
·         Pergerakan pertama fetus dapat dideteksi dengan USG. Pada minggu ini perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata dan bibir atas terbentuk. 
·         Telinga bagian luar mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan mulai tampak. Ia mulai bergerak walaupun Anda tak merasakannya. Dengan Doppler, Anda bisa mendengar detak jantungnya. Minggu ini, panjangnya sekitar 22-30 mm dan beratnya sekitar 4 gram.
·         Periode dimana semua organ penting terus bertumbuh dengan cepat dan saling berkaitan dan aktivitas otak sangat tinggi.
Minggu ke 10
·         Semua organ penting yang telah terbentuk mulai bekerjasama
·         Pertumbuhan otak meningkat dengan cepat, hampir 250.000 sel saraf baru diproduksi setiap menit.
·         Ia mulai tampak seperti manusia kecil dengan panjang 32-43 mm dan berat 7 gram.
·         Tulang sudang menggantikan kartilago. Diafragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut. Otot leher terbentuk. Otak berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh. 
Minggu ke 11
·         Panjang tubuhnya mencapai sekitar 6,5 cm.
·         Baik rambut, kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh.
·         Sesekali di usia ini janin sudah menguap.
·         Gerakan demi gerakan kaki dan tangan, termasuk gerakan menggeliat, meluruskan tubuh dan menundukkan kepala, sudah bisa dirasakan ibu.
·         Janin kini sudah bisa mengubah posisinya dengan berputar, memanjang, bergelung, atau malah jumpalitan yang kerap terasa menyakitkan sekaligus memberi sensasi kebahagiaan tersendiri
·         Organ seks luar sudah terbentuk, juga folikel-folikel rambut dan gigi. Bayi sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali(kencing).
Minggu ke 12
·         Bentuk wajah bayi lengkap, ada dagu dan hidung kecil.
·         Jari-jari tangan dan kaki yang mungil terpisah penuh.
·         Usus bayi telah berada di dalam rongga perut.
·         Akibat meningkatnya volume darah ibu, detak jantung janin bisa jadi meningkat.
·         Panjangnya sekitar 63 mm dan beratnya 14 gram.
·         Mulai proses penyempurnaan seluruh organ tubuh. Bayi membesar beberapa millimeter setiap hari. Jari kaki dan tangan mulai terbentuk termasuk telinga dan kelopak mata.
·         Ukuran fetus sekarang sekitar 8 cm. Semua organ vital bayi sudah terbentuk.
Dengan signal dari otak, otot akan merespon dan bayi sudah dapat menendang. 
Perkembangan bayi anda pada bulan kehamilan 13-28 minggu (trimester ke dua) 
·         Daun telinga lebih jelas, kelopak mata melekat, leher mulai dibentuk. Denut jantung dapat terlihat dengan USG, jenis kelamin dapat diketahui. Ginjal sudah memproduksi urine. Urine dibuang kedalan air ketuban, banyaknya sekitar 44 ml dan produksi rata -rata 0.05 – 0.10 ml per menit. Janin berukuran 9cm dan berat sekitar 15 gram.
       

PERKEMBANGAN JANIN TRIMESTER KEDUA (Minggu 12 – 24)



Ditandai dengan percepatan pertumbuhan dan pematangan fungsi seluruh jaringan dan organ tubuh. Namun waspadai pertambahan berat badan yang berlebih.
Pada trimester kedua ini terjadi peningkatan perkembangan janin.
Pada minggu ke-18 kita bisa melakukan pemeriksaan dengan ultrasongrafi (USG) untuk mengecek kesempurnaan janin, posisi plasenta dan kemungkinan bayi kembar. Jaringan kuku, kulit dan rambut berkembang dan mengeras pada minggu ke 20 – 21. Indera penglihatan dan pendengaran janin mulai berfungsi. Kelopak mata sudah dapat membuka dan menutup. Janin (fetus) mulai tampak sebagai sosok manusia dengan panjang 30 cm.
Agar proses tumbuh kembang janin tak terganggu hindari penyakit kronis sebelum kehamilan maupun penyakit infeksi yang mungkin terjadi saat kehamilan. Seperti asma, jantung, TBC, ginjal dan diabetes serta infeksi TORCH-KM (Toksoplasma, Rubella, Citomegalovirus, Herpes, Klamidia, Mikoplasma).
Gangguan penyakit-penyakit tersebut berpeluang menimbulkan ketidaksempurnaan pada tumbuh kembang tulang belulang janin, klep paru-paru, lever, ataupun gangguan perkembangan otak dan ginjal. Bahkan, demam yang merupakan gejala infeksi/penyakit, seringan apa pun, bisa menyebabkan gangguan pada air ketuban maupun fungsi lain akibat ada gangguan metabolisme tubuh janin.
MINGGU KE 13
·         Panjang janin (dari puncak kepala sampai sakrum/bokong) ditaksir sekitar 65-78 mm
·         Berat kira-kira 20 gram. Rahim dapat teraba kira-kira 10 cm di bawah pusar.
·         Pertumbuhan kepala bayi yang saat ini kira-kira separuh panjang janin mengalami perlambatan dibanding bagian tubuh lainnya. Perlambatan ini berlangsung terus, hingga di akhir kehamilan akan tampak proporsional, yakni kira-kira tinggal sepertiga panjang tubuhnya
·         Kedua cikal bakal matanya makin hari kian bergeser ke bagian depan wajah meski masih terpisah jauh satu sama lain.
·         Sementara telinga bagian luar terus berkembang dan menyerupai telinga normal. Kulit janin yang masih sangat tipis membuat pembuluh darah terlihat jelas di bawah kulitnya.
·         Seluruh tubuh janin ditutupi rambut-rambut halus yang disebut lanugo.
·         Kerangka/tulang belulangnya sudah terbentuk di minggu-minggu sebelumnya dan di minggu-minggu selanjutnya akan berosifikasi/menahan kalsium dengan sangat cepat, hingga tulangnya jadi lebih keras.
·         trakea, paru-paru, perut,hati, pancreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. Pada minggu ini jari tangan, telapak kaki, mulai terlihat. 
·         Pada akhir trimester pertama, plasenta berkembang untuk menyediakan oksigen , nutrisi dan pembuangan sampah bayi.
·          Kelopak mata bayi merapat untuk melindungi mata yang sedang berkembang.
Minggu ke 14
·         Panjang mencapai kisaran 80-an mm atau 8 cm
·         Berat sekitar 25 gram.
·         Telinga janin menempati posisi normal di sisi kiri dan kanan kepala.
·         mata mengarah ke posisi sebenarnya.
·         Alat-alat kelamin bagian luar juga berkembang lebih nyata, hingga lebih mudah membedakan jenis kelaminnya.
·         Pada minggu ini organ seks bayi sudah dapat dibedakan antara laki dan perempuan.
·         Denyut jantung bayi berdetak kuat (detak jantung hampir 2X lebih cepat dari anda) dan anda dapat mendengarkannya di dokter anda.
·         Sudah memberi respon terhadap dunia diluar rahim ibu, bayi mungkin akan bergerak bila anda mengusap perut anda, tapi anda mungkin masih belum dapat merasakannya. 
·          Lehernya semakin panjang dan kuat.
·         Lanugo, rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh dan melindungi kulit mulai tumbuh pada minggu ini.
·         Kelenjar prostat bayi laki-laki berkembang dan ovarium turun dari rongga perut menuju panggul.
·         Kulit bayi belum tebal karena belum ada lapisan lemak
MINGGU KE 15
·         Panjang  janin sekitar 10-11 cm
·         Berat kira-kira 80 gram.
·         Kehamilan makin terlihat
·          Dianjurkan untuk tidak menggunakan jeans
·         Diperkenankan menggunakan lotion untuk strie namun dianjurkan tak memakai krim jenis steroid semisal hidrokortison yang dikhawatirkan bakal terserap ke dalam sistem peredaran darah ibu dan bisa mengacaukan kerja hormonal.
·         Bayi anda sudah mulai dapat mendengarkan anda, mendengarkan denyut jantung anda, suara perut anda, juga suara anda.
·         Sekarang bayi anda sudah mulai mempunyai rambut di kepalanya, juga bulu mata dan alis.
·         Tulang dan sumsum tulang di dalam sistem kerangka terus berkembang.
·         Jika bayi Anda perempuan, ovarium mulai menghasilkan jutaan sel telur pada minggu ini.
·         Kulit bayi masih sangat tipis sehingga pembuluh darahnya kelihatan.
·         Bayi sudah mampu menggenggam tangannya dan mengisap ibu jari.
·          Kelopak matanya masih tertutup
MINGGU KE 16
·         Jika anda melakukan USG saat ini mungkin anda dapat mengetahui jenis kelamin.
·         Otot bayi sudah berkembang dan menjadi kuat.
·         Gerakannya semakin aktif.
·         Mulai mengisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan-kencing dan cegukan.
·         Pada minggu ini jika sinar terang diletakkan diperut anda bayi akan mengerakkan tangan – matanya.
·         Kini panjangnya mencapai taksiran 12 cm
·         Berat kira-kira 100 gram.
·         Refleks gerak bisa dirasakan ibu, meski masih amat sederhana yang biasanya terasa sebagai kedutan.
·         Rambut halus di atas bibir atas dan alis mata juga tampak melengkapi lanugo yang memenuhi seluruh tubuhnya. Bahkan, jari-jemari kaki dan tangannya dilengkapi dengan sebentuk kuku.
·         Tungkai kaki yang di awal pembentukannya muncul belakangan, kini lebih panjang daripada lengan.
·         Pada usia ini janin memproduksi alfafetoprotein, yaitu protein yang hanya dijumpai pada darah ibu hamil. Bila kadar protein ini berlebih bisa merupakan pertanda ada masalah serius pada janin, seperti spina bifida. Sebaliknya, kadar alfafetoprotein yang rendah bersignifikasi dengan Sindrom Down. Jumlah alfafetoprotein ini sendiri dapat diukur dengan pemeriksaan air ketuban/amniosentesis dengan menyuntikkan jarum khusus lewat dinding perut ibu.
·         Bayi telah terbentuk sepenuhnya dan membutuhkan nutrisi melalui plasenta.
·         Bayi telah mempunyai tulang yang kuat dan mulai bisa mendengar suara.
·         Dalam proses pembentukan ini system peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi.
·         Janin mulai bergerak ! Tetapi tak perlu kuatir  jika Anda tak merasakannya.
·         Semakin banyak kalsium yang disimpan dalam tulang bayi seiring dengan perkembangan kerangka.

MINGGU KE 17
·         Lapisan lemak cokelat mulai berkembang, untuk menjada suhu tubuh bayi setelah lahir.
·          Saat dilahirkan, berat lemak mencapai tiga perempat dari total berat badannya.
·         Rambut, kening, bulu mata bayi mulai tumbuh dan garis kulit pada ujung jari mulai terbentuk.
·         Sidik jari sudah mulai terbentuk.
·         Masih banyak ruang dalam rahim anda bayi akan bergerak merasakan sekitarnya. Kulit bayi anda berkembang dan transparan. Terlihat merah sebab pembluh darah masih terlihat jelas. 
·         Panjang tubuh janin meningkat lebih pesat ketimbang lebarnya, menjadi 13 cm
·         Berat sekitar 120 gram, hingga bentuk rahim terlihat oval dan bukan membulat. Akibatnya, rahim terdorong dari rongga panggul mengarah ke rongga perut. Otomatis usus ibu terdorong nyaris mencapai daerah hati, hingga kerap terasa menusuk ulu hati.
·         Pertumbuhan rahim yang pesat ini pun membuat ligamen-ligamen meregang, terutama bila ada gerakan mendadak. Rasa nyeri atau tak nyaman ini disebut nyeri ligamen rotundum. Oleh karena itu amat disarankan menjaga sikap tubuh dan tak melakukan gerakan-gerakan mendadak atau yang menimbulkan peregangan.
·          Lemak yang juga sering disebut jaringan adiposa mulai terbentuk di bawah kulit bayi yang semula sedemikian tipis pada minggu ini dan minggu-minggu berikutnya. Lemak ini berperan penting untuk menjaga kestabilan suhu dan metabolisme tubuh.
·         Pada beberapa ibu yang pernah hamil, gerakan bayi mulai bisa dirasakan di minggu ini. Kendati masih samar dan tak selalu bisa dirasakan setiap saat sepanjang hari. Sedangkan bila kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama, gerakan yang sama umumnya baru mulai bisa dirasakan pada minggu ke-20.
·         Otot bayi anda semakin kuat tiap minggu.
·         Jika anda masih belum dapat merasakan gerakkanya, anda pasti akan merasakan gerakkanya sekarang. Anda mungkin salah mengartikan gerakkanya pertama kali sebagai angin, karena terasa seperti letupan gelembung-gelumbung didalam.
·         Bayi anda bergerak sekitar 200 kali sehari , tapi anda hanya akan merasakan sedikit dari semua gerakan ini.
MINGGU KE 18
·         Mulailah bersenandung sebab janin sudah bisa mendengar pada minggu ini. Ia pun bisa terkejut bila mendengar suara keras.
·          Mata bayi pun berkembang. Ia akan mengetahui adanya cahaya jika Anda menempelkan senter yang menyala di perut. Bayi sudah bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim ibu.
·         Panjangnya sudah 14 cm dan beratnya 140 gram.
·         Hormon Estrogen dan Progesteron semakin meningkat.
·         Otot bayi sudah dapat berkontraksi dan relaks, bayi sudah dapat menendang atau meninju.
·         Bergerak sangat aktif , dalam minggu ini mungkin anda sudah dapat merasakan gerakan putarannya untuk pertama kali. 
·          Rahim dapat diraba tepat di bawah pusar, ukurannya kira-kira sebesar buah semangka. Pertumbuhan rahim ke depan akan mengubah keseimbangan tubuh ibu.
·         Peningkatan mobilitas persendian ikut mempengaruhi perubahaan postur tubuh sekaligus menyebabkan keluhan punggung. Keluhan ini makin bertambah bila kenaikan berat badan tak terkendali. Untuk mengatasinya, biasakan berbaring miring ke kiri, hindari berdiri terlalu lama dan mengangkat beban berat. Selain itu, sempatkan sesering mungkin mengistirahatkan kaki dengan mengangkat/mengganjalnya pakai bantal.
·          Mulai usia ini hubungan interaktif antara ibu dan janinnya kian terjalin erat. Tak mengherankan setiap kali si ibu gembira, sedih, lapar atau merasakan hal lain, janin pun merasakan hal sama.

MINGGU KE 19
·         Tubuh bayi diselimuti vernix caseosa, semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka.
·         Otak bayi telah mencapai jutaan saraf motorik karenanya ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.
·         Beratnya 226 gram dengan panjang hampir 23 cm.
·         Jika anda belum juga merasakan bayi anda, mungkin anda akan mulai mersakan gerakkanya minggu ini.
·         Sistem saraf janin yang terbentuk di minggu ke-4, di minggu ini makin sempurna perkembangannya, yakni dengan diproduksi cairan serebrospinalis yang mestinya bersirkulasi di otak dan saraf tulang belakang tanpa hambatan.
·          Jika lubang yang ada tersumbat atau aliran cairan tersebut terhalang oleh penyebab apa pun, kemungkinan besar terjadihidrosefalus/penumpukan cairan di otak. Jumlah cairan yang terakumulasi biasanya sekitar 500-1500 ml, namun bisa mencapai 5 liter, Penumpukan ini jelas berdampak fatal mengingat betapa banyak jumlah jaringan otak janin yang tertekan oleh cairan tadi.
MINGGU KE 20
·         Setengah perjalanan telah dilalui. 
·         Beratnya mencapai 260 gram dan panjangnya 14-16 cm.
·         Dibawah lapisan vernix, kulit bayi mulai membuat lapisan dermis, epidermis dan subcutaneous.
·          kuku tumbuh pada minggu ini.
·         Proses penyempurnaan paru-paru dan system pernafasan.
·         Pigmen kulit mulai terlihat.
·         Otot bayi anda semakin kuat tiap minggu.
·          Jika anda masih belum dapat meraakan gerakkanya, anda pasti akan merasakan gerakkanya sekarang. Anda mungkin salah mengartikan gerakkanya pertama kali sebagai angin, karena terasa seperti letupan gelembung-gelumbung didalam.
·         Bayi anda bergerak sekitar 200 kali sehari , tapi anda hanya akan merasakan sedikit dari semua gerakan ini. 
·          Kulit yang menutupi tubuh janin mulai bisa dibedakan menjadi dua lapisan, yakni lapisan epidermis yang terletak di permukaan dan lapisan dermis yang merupakan lapisan dalam.
·          Epidermis selanjutnya akan membentuk pola-pola tertentu pada ujung jari, telapak tangan maupun telapak kaki. Sedangkan lapisan dermis mengandung pembuluh-pembuluh darah kecil, saraf dan sejumlah besar lemak.
·         Seiring perkembangannya yang pesat, kebutuhan darah janin pun meningkat tajam. Agar anemia tak mengancam kehamilan, ibu harus mencukupi kebutuhannya akan asupan zat besi, baik lewat konsumsi makanan bergizi seimbang maupun suplemen yang dianjurkan dokter.
·         Kulit lebih tebal, mulai dibentuk alis, bulu mata, rambut dan rambut halus dikulit.
·         Janin mengembangkan jadwal teratur untuk tidur, menelan dan menendang.


MINGGU KE 21
·         Usus bayi telah cukup berkembang sehingga ia sudah mampu menyerap atau menelan gula dari cairan lalu dilanjutkan melalui sistem pencernaan manuju usus besar.
·         Gerakan bayi semakin pelan karena beratnya sudah 340 gram dan panjangnya 28 cm.
·         Anda akan merasakan lebih banyak gerakan bayi anda sekarang karena bayi makin aktif. 
·         Pada minggu ini, berbagai sistem organ tubuh mengalami pematangan fungsi dan perkembangan.
·         Dengan perut yang kian membuncit dan keseimbangan tubuh yang terganggu, bukan saatnya lagi melakukan olahraga kontak seperti basket yang kemungkinan terjatuhnya besar. Hindari pula olahraga peregangan ataupun yang bersikap kompetitif, semisal golf atau bahkan lomba lari.




MINGGU KE 22
·         Indera yang akan digunakan bayi untuk belajar berkembang setiap hari.
·         Setiap minggu, wajahnya semakin mirip seperti saat dilahirkan.
·          Perbandingan kepala dan tubuh semakin proporsional.
·         Berat mencapai taksiran 400-500 gram
·          Panjang sekitar 19 cm
·          Ibu kian mampu beradaptasi dengan kehamilannya. Kekhawatiran bakal terjadi keguguran juga sudah pupus.
·          Keluhan mual-muntah sudah berlalu dan kini nafsu makannya justru sedang menggebu
·          Mesti berhati-hati agar tak terjadi pertambahan berat badan yang berlebih.
·          Ciri khas usia kehamilan ini adalah substansi putih mirip pasta penutup kulit tubuh janin yang disebut vernix caseosa. Fungsinya melindungi kulit janin terhadap cairan ketuban maupun kelak saat berada di jalan lahir.
·          Di usia ini pula kelopak mata mulai menjalankan fungsinya untuk melindungi mata dengan gerakan menutup dan membuka.
·          Jantung janin yang terbentuk di minggu ke-5 pun mengalami “modifikasi” sedemikian rupa dan mulai menjalankanfungsinya memompa darah sebagai persiapannya kelak saat lahir ke dunia.
·         Bayi anda sadar akan lingkungannya dan bayi akan merasa tenang ketika mendengarkan suara dan sentuhan anda diperut. Tubuh bayi mulai memproduksi sel darah putih. Ini penting untuk bayi dalam melawan penyakit dan infeksi. 

MINGGU KE-23
·         Tubuh janin tak lagi terlihat kelewat ringkih karena bertambah montok dengan berat hampir mencapai 550 gram.
·         Panjang sekitar 20 cm.
·         Kulitnya masih tampak keriput karena kandungan lemak di bawah kulitnya tak sebanyak saat ia dilahirkan kelak.
·         Wajah dan tubuhnya secara keseluruhan amat mirip dengan penampilannya sewaktu dilahirkan nanti.
·         Rambut lanugo yang menutup
sekujur tubuhnya kadang berwarna lebih gelap di usia kehamilan ini.
·         Sekarang ukuran kepalanya sudah sesuai dengan tubuhya . Saat ini bayi terlihat sama seperti akan lahir nanti tapi lebih kecil dan kurus saat ini.
·         Anda dapat mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stestoskop.(letakkan stestoskop langsung diperut anda). Pertumbuhan otak sangat cepat.
·         Meski lemak semakin bertumpuk di dalam tubuh bayi, kulitnya masih kendur sehingga tampak keriput. Ini karena produksi sel kulit lebih banyak dibandingkan lemak. Ia memiliki kebiasaaan "berolahraga", menggerakkan otot jari-jari tangan dan kaki, lengan dan kaki secara teratur.
·         Tangan dan kaki bayi telah terbentuk dengan sempurna, jari juga terbentuk sempurna.
Trimester ketiga (minggu 24 -40)
Dalam trimester ini semua organ tubuh tumbuh dengan sempurna. Janin menunjukkan aktivitas motorik yang terkoordinasi seperti menendang atau menonjok serta dia sudah memiliki periode tidur dan bangun. Masa tidurnya jauh lebih lama dibandingkan masa bangun. Paru-paru berkembang pesat menjadi sempurna.
Pada bulan ke-9 ini , janin mengambil posisi kepala di bawah dan siap untuk dilahirkan. Berat bayi lahir berkisar antara 3 -3,5 kg dengan panjang 50 cm.

Minggu ke-24
·         Paru-paru mulai mengambil oksigen meski bayi masih menerima oksigen dari plasenta. Untuk persiapan hidup di luar rahim, paru-paru bayi mulai menghasilkan surfaktan yang menjaga kantung udara tetap mengembang.
·         Kulit bayi mulai menebal.
·         Pendengaran bayi sudah terbentuk sempurna. Bayi akan bergerak dengan suara musik dari luar. Bayi membentuk pola kapan saat tidur dan kapan saat bangun, anda akan merasakan dengan suatu saat bayi bergerak terus, dan saat lain tidak.

1 komentar: